Posts

Showing posts from 2015

Rangkaian Flip-flop

Image
Satu semester sudah hampir abis. Cepet ya?
Banyak yang udah aku buat di bengkel, salah satunya adalah PCB beserta rangkaian flip-flopnya.

Apasih rangkaian flip-flop itu?
Rangkaian Flip Flop merupakan rangkaian yg memakai trigger, karenanya akan menghasilkan angka logic berupa 1 dan 0 disaat keluarnya. Keadaan ini terjadi karena pengaruh apabila keduanya ataupun salah satu dari angka tersebut dimasukkan. Kapasiatasnya sendiri adalah satu bit. Namun hal ini hanya berlaku apabila salah satu dr daya mereka masing terhubung ataupun terpasang.
sumber: Rangkaian flip flop

Tahap pertama adalah membuat PCB.

Buat rangkaian jalur PCB menggunakan software PCBwizard. contoh gambar rangkaaiannya seperti ini:

ini gambar rangkaaian flip-flopnya
ini setelah di convert untuk ngebuat jalurnya pada PCBnya nanti
Kemudian print rangakaian jalurnya menggunakan printan laser. di print pada transparent sheet. Setelah itu, siapkan papan tembaga. pindahkan jalur PCB yang telah di print ke papan tembaga dengan car…

Keluarga Baru

Image
Empat bulan terakhir ini aku ditemani dengan 28 teman baru. Tapi sekarang, mereka sudah Odin anggap keluarga baru, yey. Lima hari dalam seminggu harihari ku ditemani oleh mereka~

Kita pun sekarang punya 'basecamp' di daerah Beji. Lebih tepatnya rumah yg dikontrak. Rumah itu ditinggali oleh Ginting, Yudha, Dzul, Levy dan Rahmat.

Semuamuanya akan menyenangkan bersama mereka kan?:)





Dan masih banyak harihari kedepan yg menyenangkan untuk berjuang bersama mereka semua yeyy!!

FUNTASTIC POROS

Image
Seratus tujuh koma delapan....
šŸ“£ POROS FM!!!

14 November 2015, aku dan all new crew Poros fm mengikuti acara 'Fantastic Poros'.  Acara itu biasanya disebut 'pmo' gitu. Jadi kayak meresmikan kita sebagai crew poros.
Kegiatannya diadakan di cisarua, puncak. Selama dua hari satu malam.

06.30 pagi, aku sudah tiba di PNJ. Menunggu sekitar satu setengah jam hingga semua kumpul. Untuk menuju puncak kita menggunakan tronton. Ada dua tronton yang digunakan. Karena sudah terbiasa dari kecil naik tronton, jadi selama perjalanan aku menikmati naik tronton hahaha. Pada saat di pintu tol ciawi, tronton satu mogok. Sempet didorong, tetapi kemudian ada tronton baru yg dateng. Jadi pindah tronton.
Perjalanan cukup lama sekitar 3 jam. Kita baru sampe villa jam 12 siang. Sampainnya kami di villa kami sholat dzuhur lalu makan siang. Untuk kelompok pmo kali ini, aku satu kelompok sama Erlan, Fima dan Rani. Kami makan siang sekelompok. Yang bawain makan siangnya mamanya Fima. Makanannya ba…

Teruntuk kamu yang disana

Aku berhak bahagia.
Tidak merasakan sedih yang berkelanjutan.
Apapun yang terjadi padamu, biarkan aku bahagia.
Jangan kau buat aku sedih. Jangan kau buat aku sakit.
Cukup sudah aku memikirkan sesuatu yang berlebihan.
Kembalikan semangat ku, dan kembalikan pula senyum ku.
Lalu aku pun dapat melepasmu untuk memberimu waktu.
Memberikan kamu jarak untuk berpikir.
Kembali lah kepada ku kemudian, saat kamu sudah siap.
Siap untuk memulai cerita bersama ku,

Tanpa luka
Tanpa kesedihan.

Octos

Image
Say hello to Octos.


Ngga kerasa udah masuk ke bulan 10 di tahun 2015 ini.
Sudah menjalani 6 minggu di hari-hari perkuliahan, cie. Hahaha.
Jadi 'mahasiswa' itu ngga beda jauh sama 'siswa'. Hanya ditambah dengan embel-embel 'maha'. Tentu yang harus bertambah atau yang berubah adalah tanggung jawabnya, sikapnya, kedewasaannya dalam menghadapi semua kondisi.

Satu minggu aku kuliah lima hari, senin -- jumat. Dalam lima hari itu ada 10 matkul yang harus dijalani. Ada Matematika Teknik, Rangkaian Listrik Dasar, Pancasila, Bahasa Indonesia, Pengukuran Alat Listrik dan Elektronika, Bengkel Elektronika, Elektronika Digital, Komponen Elektronika, Gambar Teknik dan Bengkel Elektronika.
Semua mata kuliah berhubungan dengan Fisika dan Matematika. Heu. Karena aku di Teknik Elektro jadi ya belajarnya akan selalu berhubungan dengan Fisika dan Matematika. Somehow, aku ngerasa keren gitu jadi anak perempuan teknik, hahaha. Kalo di bengkel, mainannya sama solder, segala macam jen…

Kuliah

Image
Ciye. Setelah melewati ospek kini telah resmi menjadi mahasiswi PNJ jurusan teknik elektro.
Seneng deh. Seru. Kembali beradaptasi di lingkungan baru. Lebih mudah jika dibandingkan dengan tiga tahun yang lalu.
Punya temen baru yang seru-seru, kegiatan baru, kesibukkan baru pokoknya semua serba baru.

Pengen cerita banyak, tapi bingung:|

Cita-cita untuk empat tahun kedepan:
Lulus sebagai mahasiswi dari jurusan Teknik Elektro, program studi Instrumentasi dan Kontrol Industri dengan predikat:

Aamiin. hihihii :3

Bismillahirohmanirohim...

Love,

Auddyne Halyfah.

Karmila

Karmila
Sebuah novel sastra Indonesia yang ditulis oleh Marga T. Merupakan novel yang mencakup Karmila I  dan Karmila II yang pernah dimuat sebagai cerita bersambung dalam harian Kompas.
***
Zalna pinjem novel sastra diskeolahnya untuk memenuhi tugasnya. Jadi ikutan baca deh novelnya.
Ceritanya mengenai seorang perempuan bernama Karmila yang telah bertunangan dan sudah merancang semua impian hidupnya bersama laki-laki yang ia cintai. Namun, terjadi hal yang tidak diinginkan. Di suatu pesta ia bertemu seorang laki-laki lain yang akhirnya membuat impian hidup ia hancur berantakan. Seiring waktu berlalu, ia mulai bisa menerima hidupnya yang baru. Ia mulai menjalani perannya sebagai ibu dan istri. Dalam menjalani perannya yang baru itu banyak ujian-ujian yang ia lewati. Hingga akhirnya ia dapat menemukan kebahagiaannya sendiri. Sedih. Ceritanya kebanyakan sedih. Sedih melihat suami Karmila (Feisal) yang tetap mencintai Karmila meskipun awalnya Kamila sangat membenci Feisal. Feisal merupakan ‘l…

Kembali Normal

Tertanggal 27 Juli 2015.
Hari ini warga Jakarta kembali disibukkan dengan aktifitasnya masing-masing. Anak sekolah mulai kembali bersekolah setelah libur kenaikan kelas dan libur lebaran yang hampir satu bulan lamanya. Para pegawai negeri dan swasta pun sudah mulai kembali bekerja. Pembantu-pembantu ibu rumah tangga yang pulang mudik, sudah kembali lagi bekerja mengurus rumah. Aktifitas kembali berjalan normal. Jakarta kembali ramai setelah sempat ditinggal oleh para penghuninya yang berlebaran di kota kelahirannya. Sedangkan aku, masih mendapat ‘jatah’ libur ku sebelum kuliah dimulai pertengahan agustus nanti.
Pagi ini aku melihat banyak sekali anak sekolah yangg kembali mengenakan seragam mereka, manggendong tas sekolahnya dan berangkat ke sekolah.
Sebesit rasa iri menghampiri hati ini.

Tersayang

Image
Kemarin, tanggal 25 Juni dan 6 Juli, alhamdulillah masih bisa berkumpul bersama teman-teman creino tersayang utnuk buka puasa bersama. Kok dua kali bukbernya? iya karena pada tanggal 25 Juni kita merayakan ultah afran yg ke 18(?) kemudian tanggal 6 juli adalah acara bukber angkatan 1-9 Sekolah Alam Indonesia,
Senaaaaaaaang sekali bisa bertemu dengan mereka-mereka lagi. Mood booster tersayang  ~ Selalu bahagia pokoknya setelah ketemu sama mereka /ciye :*  Seneng juga, karena banyak yang dateng pas tanggal 25. yang jarang dateng kayak athif, ikhsan, fadhil, kemarin ada. Inas, teman lama (pindha pas naik kelas 6) juga dateng. Terus pas tanggal 6 juli juga ketemu sama ajem (akhirnya setelah berkali-kali creino ngumpul, hazem dateng dan ikut main. biasanya kan kalo dateng cuma diem2 dan atau langsung pulang lagi(?)) hahahaa. Sudah semakin dewasaaaa teman-teman auddyne:) {}
25 juni.









 6 Juli.


Alasan untuk Cinta

Image
Tidak butuh.
Aku tidak butuh alasan untuk mencintaimu. Karena, aku pasti akan memiliki alasan untuk meninggalkanmu.
"I like your smile, i like your vibe, i like your style.. But that's not why i love you.."  - I Love You (Avril Lavigne) Jika aku mencintaimu karena wajah tampan mu, bagaimana nanti saat wajah mu menua dan tidak lagi setampan sekarang?
Jika aku mencintaimu karena harta mu, bagaimana nanti saat Allah menguji mu dengan mengambil harta mu?
Jika aku mencintaimu karena fisik kuat mu, bagaimana nanti saat kamu sudah lemah tak berdaya?
Jika aku mencintaimu karena kehebatan yang kamu miliki sekarang, bagaimana nanti saat kehebatan itu memudar?
Jika aku mencintaimu karena perkataan manismu, bagaimana nanti saat kamu berhenti mengatakan kata-kata manis untukku?

"Urusan ini sebenarnya amat sederhana. Seseorang yg mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi dengan alasan fisik tersebut. Seseorang yg menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia jug…

///

Image
i'm just like..


Kisah Kasih

Cerita ketiga.


Ntah aku kelewat polos atau gimana. Saat itu, sedang jam istirahat. Semua anak bebas bermain dan makan snack. Aku sama nadia lagi nyariin Ines dan safira. Kalo ngga salah mau ngajakin main bola bekel. Eh ternyata, Safira dan ines lagi ngumpet di tempat ganti baju perempuan. Saat aku sama nadia samperin, ternyata mereka berdua lagi curhat-curhatan. Mereka ngomongin tentang ‘gebetan’. Aku sama nadia yang ngga ngerti arti dari ‘gebetan’ (polos banget ngga sih? Wkkwk) nanya dong. “gebetan apa sihh?”. Safira sama ines malah bisik-bisik terus ngomong, “kalo mau tau arti dari ‘gebetan’ apa kamu harus nulis surat dulu buat orang yang kamu suka. Ntar kita kasih tau deh arti ‘gebetan’ apa.”

Kisah Kasih

Cerita kedua.
Saat itu adalah minggu-minggu terakhir semester satu di kelas SD 4. Minggu terakhir di semester satu ini diisi dengan sebuah kegiatan rutin.  ‘Fun Week’ adalah nama dari kegiatan rutin tersebut. Satu minggu full diisi dengan kegiatan bermain, lomba dan lainnya. Aku dan teman-teman yang lain asik bermain games. Saat sedang istirahat di salah satu saung kecil di lapangan teater terbuka. Ikhsan, athif, dan beberapa anak laki-laki menghampiri aku.

Kisah kasih

Cerita yang bukan hanya sekedar cerita. Namun, di setiap ceritanya menyisakan kenangan yang lucu, manis, dan tak terlupakan. Sebuah cerita yang mengingatkan bahwa , “Perasaan itu ada pada setiap orang, bahkan anak kecil sekali pun.”

Sebelumnya, ini hanya sebuah cerita berdasarkan pengalaman. Untuk nama yang disebutkan maaf yaa kalo ngga seneng-_- muah:*
Cerita pertama.
Pada saat itu, aku masih kelas SD 3. Setiap pulang sekolah selalu ikut mobil antar-jemput. Teman semobil aku salah satunya adalah Abil. Di sekolah, Abil itu anaknya berani sama belalang, cencorang dan segala macem jenis serangga lainnya. Itu yang aku inget sama ‘abil kecil’ haha.

Empty

Image
Feeling so empty.


Hampaa banget rasanya akhir-akhir ini.
Tidak tau kenapa. Tidak tau penyebabnya apa. Tidak tau harus ngapain.
Perasaan kayak gini ngga enak banget :(

Rasanya tiap hari gitu-gitu aja. Tidak ada sesuatu yang membuat semangat. Tidak ada sesuatu yang membuat bahagia :|

Semua memiliki kesibukkannya masing-masing.

Kemarin aku bilang ke mamah, "Maah, sedih niih ntar lagi pas kuliah semua pada jauuh. Ntar susah mau ngumpulnyaa. Nih ya, Fira ke bogor. Dika ke surabaya. Rafii di bali. Nadia di jepang. Terus belum yang lainlain lagi. Aaaaa aku sedihhh mah"
Terus mamah bilang, "Auddyne, kan semuanya mau ngejar impiannya masing-masing jadi ya ngga papalah..."

Lalu, barulah aku menyadarinya.
Auddyne itu udah gede, bukan anak kecil lagi #basibanget semakin besar semakin bertambah pula tanggung jawabnya. Auddyne juga punya mimpi sendiri.
Mungkin 5-8 tahun kedepan akan banyak situasi yg mengharuskan auddyne beradaptasi. Tapi setelahnya? insya allah akan baikkk ke d…

End of High School

Image
Aku sudah bukan anak SMA lagi :):
Tanggal 15 Mei 2015, pengumuman UN dilaksanakan. Melalu website resmi sekolah SMA 46 mengumumkan siapa saja yang lulus. Alhamdulillah, tahun ini SMA 46 Jkt lulus 100 % !!! Kebetulan pada hari itu aku lagi liburan di pulau Tidung. Signal tri disana s u s a h banget. Jadi aku baru buka websitenya pas hari Sabtu jam 4 pagi. Alhamdulillah aku lulus yeyeyeyeee~ Untuk melihat hasil nilai UN dapat di buka di website resmi diknas. Kita tinggal log in dengan memasukkan nomor peserta UN dan tanggal lahir. Aku degdegan banget pas mau buka. Soalnya aku ngerasa nilai b.indo dan kimia aku ngga bagus :( Tapi setelah melihat hasil nilainya … … … …
Alhamdulillah…. :””””””””””””””) Allah selalu membantu hambanya{{}} Nilai aku di atas rata-rata nilai minimal. Nemku rata-ratanya 80an. Alhamdulillah ya Allah:”) Senang sekali.
Kemudian, SMA 46 mengadakan acara ‘Pelepasan Siswa’ tanggal 19 Mei 2015. Seluruh siswa diharuskan hadir pada hari itu untuk mengikuti upacara. Pagi itu aku d…

haft

Image

Belum rezekinya

Image
Hay hayy. Happy Monday{}

Hari sabtu kemarin, pengumuman snmptn pun dilaksanakan, Tapi, belum rezeki aku untuk diterima di UI melalui jalur SNMPTN :"

"Fighting has been enjoined upon you while it is hateful to you.But perhaps you hate a thing and it is good for you; and perhaps you love a thing and it is bad for you. And Allah Knows, while you know not." (QS. Al-Baqarah: 216)
Allah tau yang terbaik untuk hambanya:) Sedih? sangaatttt. Tapi, aku harus berjuang lebih maksimal lagi di SBMPTN untuk 'mendapatkan' satu kursi di Univ. Indonesia. Masih banyak jalan menuju Roma, kan?
Huhuhuuu. S e m a n g a t!

Alhamdulillah, banyaak temen aku yg diterima melalu jalur SNMPTN tsb.
Kalo dari temen-temen SAI, ada Ivy (UI), Fira (IPB), Dika (ITS), Eki (UGM), dan Tasnim (UIN). Terus temen-temen 46 juga banyak{} Ghina (UNJ), Imel (UI), Syifa (UIN), Viqoh (UNDIP), Wahda (UNDIP) dan masih ada lagi cuma aku gatau daftar namanyaa hehe{}
Temen les NF juga banyaak, salah duanya(?) Anis …

Lebih dekat

Image
Alhamdulillahirabbilalamin.
Aku keterima di PNJ melalui jalur undangan PMDK-PN. :)

Pengumumannya itu hari selasa kemarin dengan sistem online. Seharian bawaannya degdegan. Ngga berani buka website nya. Kemudian setelah sholat maghrib baru deh ngecek webnya.  Bareng mama dan zalna. Pas buka dan masukin nomor peserta muncul deh hasilnya. Pas aku baca gangerti, keterima apa ngga sih? Tiba-tiba mamah langsung bilang "aaaaaa itu keterimaaaa dynnn!!!!" Pas aku baca lagi "oiyaa. Alhamdulillah ya Allah" :)


Kemudian, hari ini aku sama papah ke PNJ nya. Nanya-nanya info agar lebih jelas dibandinh yg diberikan di websitenya. PNJ itu dulu bagian dari UI, tapi sekarang memisahkan diri kayanya:/ Karena itu, lokasinya benar-benar didalam kampus UI. Pas berangkat ngedrop alyfa dulu di SAI cipedak kan. Terus ketemu pak Abdul. Papah langsung bilang "pak abdul. Alhamdulillah pak Auddyne keterima di politeknik ui lewat jalur undangan". "Ohya, waah selamat ya Auddyne. Se…