Skip to main content

Teman

 Untuk temanku, Ghina.
"Duluu pas baru kenal bisa jadi deket banget. Apa-apa serba bareng. Belajar bareng, pulang bareng, main bareng, pinter bareng-bareng. Tapi kok yang dulunya serba bareng, sekarang kalo ketemu bisa jadi pura-pura ngga kenal?"

Yap.
Dulu semuanya serba bareng, tapi sekarang kalo ketemu kayak ngga kenal. Disitu saya merasa sedih.

Temen aku, namanya Ghina. Pas aku baru sekolah di SMA 46 kelas X.1 aku sekelas sama dia. Ghina itu anaknya pinter banget. Semuanya serba bisa dia kerjain. Terus kreatif juga, apalagi kalo suruh buat tugas yang berhubungan dengan ketrampilan.
Ghina adalah salah satu temen yang ngebuat aku bisa lebih mudah beradaptasi di SMA 46. Pas kelas sepuluh beberapa kali aku sama dia ngewakilin sekolah untuk bergabung di acara diknas.
Dia juga selalu ngajarin aku setiap mau ulangan. Ulangan harian, UTS sampe UAS.

Pas naik ke kelas sebelas, aku pisah kelas sama Ghina. Aku masuk ke kelas sebelas ipa dua, sedangkan ghina di sebelas ipa tiga. Waktu itu aku ngga kenal banyak temen, jadi pas naiknaikan kelas ghina bantuin aku nyari temen sebangku:') hahaa.
Pas kelas sebelas aku juga masih sering main sama ghina, kalo pulang sekolah kita selalu bareng. Pas kelas sepuluh aku pulangnya bareng sita sama obel naik 610(fatmawati). Tapi semenjak kelas sebelas aku pulang bareng sama ghina, sita, syifa dan imel. Pulangnya naik 102/72 (pd.indah). Karena kalo lewat pd.indah lebih cepet sampe rumah:)

Selama itu pula aku masih deket sama ghinanya. Sampai pada akhirnya di satu titik aku merasa dia menjauh. Oke, bukan dia tapi mungkin akunya yang menjauh.

Di awal semester dua kelas XI aku punya tugas shooting kan?. Begitu pula dengan ghina. Kalo pulang sekolah kita suka cerita ribetnya pas shooting, kendala pas shooting, pokoknya cerita semuanya. Tapi karena pada saat itu aku sering pulang lebih lama karena mau ngerjain tugasnya dulu di sekolah, aku jadi ngga pulang bareng sama mereka-mereka. Tapi aku masih deket sama ghinanya. Pas UTS dan UAS, aku sama ghina selalu belajar bareng. Ghina selalu ngajarin aku pelajaran FISIKA. Jadi, kalo pas hari itu belajar fisika, aku selalu dateng jam set6 ke sekolah. terus belajar di kantin bawah sama ghina. Selain itu, tiap selesai ulangannya, aku selalu nyamperin ghina dan nyari tempat sepi untuk belajar pelajaran selanjutnya. Ghina selaluuuuuu ngajarin aku. Semua mata pelajaran kita pelajarin bareng-bareng. Aku seneng diajarin ghina,  karena setiap dia ajarin aku, alhamdulillah yang tadinya ngga ngerti bisa jadi ngerti :)

Lalu, Aku naik kelas dua belas. Yeay. Aku di kelas duabelas ipa dua, sedangkan ghina di kelas duabelas ipa empat. Terlalu jauh aku dipisahkan hahahaaa.. Karena sudah kelas dua belas, aku sama ghina lebih mendekatkan diri sama Allah. Awal-awalnya setiap istirahat aku sama ghina selalu sholat dhuha bareng. Tapi, ntah kapan persisnya pada saat itu, aku mulai jauh dari ghinanya dan ghinanya mulai jauh dari aku.
Oiya, pas kelas dua belas aku udah ngga pulang bareng sama Ghina, Sita, Syifa dan Imel. Aku pulang dianterin sama teman yang baiik sekali wkwk. Kalo diinget-inget kangeeeeennnnnn kalo pulang bareng sama mereka. karena bisa dengeer banyak cerita, apalagi gosip-gosip anak ips hahaha (syifa sita imel anak ips).
Mungkin karena itu juga aku jadi ngga deket sama ghinanya lagi.

Hingga pada akhirnya, aku benar-benar jauh dari ghina. Awalnya aku cuma ngerasa 'ah perasaan kamu aja dyne'. Tapi ternyata itu udah bukan perasaan lagi. Itu beneran.
Aku ngga tau, kenapa ghina menjauh dari aku. Atau malah aku yang menjauh dari ghina. Tapi aku ngga pernah ada maksud untuk ngejauh dari ghinanya.
Aku mengira mungkin karena ada beberapa faktor. yap, mungkin karena aku sekarang maiinnya sama yg ituitu terus, mungkin karena gosip yang beredar di guru-guru, mungkin karena ghina ngga suka sama perubahan yg ada pada aku sekarang.

Lagi, lagi dan lagi. Lagi-lagi 'perubahan' yg ada pada diriku. Seperti kata pribahasa,
"Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.."
Sedih? sangattt. Sangaaaat menyesali banyak perubahan yang ada pada diriku akhir-akhir ini.

Tau ngga apa yang paling sakit?. Yang paling bikin aku sakittt hati banget adalah ketika: Kalo aku lagi ke mushola atau ke toilet atau kemana pun lagi jalan di koridor sekolah, terus papasan sm ghina dan temennya (mungkin adel atau ayu) kadang aku ngerasa ghina pura-pura ngga liat aku. Jadi ngga nyapa, dan aku yg selalu mulai nyapa duluan. Atau kalau lagi mislanya dia sm adel, adel pasti selalu nyapa aku dan echa. ghinanya cuma senyumsenyum aja. Terus juga kalo dia mau nanya sesuatu, nanyanya selalu ke echa. selalu. udah gapernah nanya lagi ke aku.
Aku sedih, tapi aku mau gimana. Yang sudah terjadi tak dapat diubah lagi.

Aku sempet cerita ke Echa, tapi echa cuma bilang 'begitu'. Aku tak tau harus melakukan apa. Aku pengen nanya ghinanya tapi aku tak cukup memiliki keberanian? haha.
Dan, aku hanya sanggup mencurahkan isi hatiku di blog aku kesayangan inii{}:)

P.s. Ghinaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa{}{}{} aku kangen sama ghinaa. aku kangen sama semuaaaa yang dulu-dulu kita lewatin bareng. Jangan pura-pura ngga liat kalo papasan sama aku. Aku masih temen kamu kan? Jangan kacangin aku kalo ada 'situasi' yang mengakibatkan kita bisa ngobrol tapi kamu malah diemin aku(?). Maafin akuuu, maafin semua salah aku. Maafin sama perubahan yang terjadi sama aku. Aku ngga pernah ada maksud untuk ngejauhin kamu. Maaf.

Mei, 2013.

Dari Teman mu  yang penuh dengan harapan, 
Auddyne :)

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH TUGAS PANCASILA

KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Makalah Dekrit Presiden 5 Juli 1959”. Tak lupa shalawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW beserta para keluarga, sahabat, dan pengikut – pengikutnya sampai akhir zaman. Makalah ini ditujukan untuk memenuhi nilai mata kuliah Pancasila. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematiknya. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya makalah ini.  Penulis berharap makalah ini dapat memberi manfaat bagi penulis dan bagi pembaca pada umumnya.


Jakarta, 4 Oktober 2015.

Penulis

Rangkaian Flip-flop

Satu semester sudah hampir abis. Cepet ya?
Banyak yang udah aku buat di bengkel, salah satunya adalah PCB beserta rangkaian flip-flopnya.

Apasih rangkaian flip-flop itu?
Rangkaian Flip Flop merupakan rangkaian yg memakai trigger, karenanya akan menghasilkan angka logic berupa 1 dan 0 disaat keluarnya. Keadaan ini terjadi karena pengaruh apabila keduanya ataupun salah satu dari angka tersebut dimasukkan. Kapasiatasnya sendiri adalah satu bit. Namun hal ini hanya berlaku apabila salah satu dr daya mereka masing terhubung ataupun terpasang.
sumber: Rangkaian flip flop

Tahap pertama adalah membuat PCB.

Buat rangkaian jalur PCB menggunakan software PCBwizard. contoh gambar rangkaaiannya seperti ini:

ini gambar rangkaaian flip-flopnya
ini setelah di convert untuk ngebuat jalurnya pada PCBnya nanti
Kemudian print rangakaian jalurnya menggunakan printan laser. di print pada transparent sheet. Setelah itu, siapkan papan tembaga. pindahkan jalur PCB yang telah di print ke papan tembaga dengan car…