Skip to main content

Rangkaian Flip-flop

Satu semester sudah hampir abis. Cepet ya?
Banyak yang udah aku buat di bengkel, salah satunya adalah PCB beserta rangkaian flip-flopnya.

Apasih rangkaian flip-flop itu?
Rangkaian Flip Flop merupakan rangkaian yg memakai trigger, karenanya akan menghasilkan angka logic berupa 1 dan 0 disaat keluarnya. Keadaan ini terjadi karena pengaruh apabila keduanya ataupun salah satu dari angka tersebut dimasukkan. Kapasiatasnya sendiri adalah satu bit. Namun hal ini hanya berlaku apabila salah satu dr daya mereka masing terhubung ataupun terpasang.
sumber: Rangkaian flip flop

Tahap pertama adalah membuat PCB.

Buat rangkaian jalur PCB menggunakan software PCBwizard. contoh gambar rangkaaiannya seperti ini:

ini gambar rangkaaian flip-flopnya

ini setelah di convert untuk ngebuat jalurnya pada PCBnya nanti

Kemudian print rangakaian jalurnya menggunakan printan laser. di print pada transparent sheet.
Setelah itu, siapkan papan tembaga. pindahkan jalur PCB yang telah di print ke papan tembaga dengan cara di setrika.
Pada saat di setrika pelan-pelan, digosok-gosok biar gambarnya pindah ke papan tembaga. Setrikanya juga dialasin pake kertas jadi urutannya, Papan tembaga ditumpuk printoutnya ditumpuk kertas baru disetrika pelan-pelan. kirakira selama 30-60 detik. diemin sebentar sampe kering, lalu lepas pelan-pelan print out PCBnya, maka jalur PCBnya akan pindah dari transparent sheet ke papan tembaga. Kemudian celupkan papan tembaga pada larutan FeCl3 (disebut juga tahap Etching). Celupkan papanya sampai papan berubah warna, angkat dan bersihkan. Yang tersisa nanti tembaganya hanya yg tergambar oleh jalur PCB. Bersihkan tinta jalur tersebut dengan tiner. Lalu jadi deh PCBnyaa. Jangan lupa, bor setiap gambar buletan diatas sebagai tempat menaruh komponennya.
Untuk menghindari terjadinya karat pada PCB, solder jalur PCB menggunakan timah.

Papan PCB yang sudah di solder agar tidak terjadi karatan.

PCBnya sudah jadi, selanjutnya tinggal menyiapkan komponen yang diperlukan.


untuk nilai resistor, capasitor, sumber dsbnya, tergantung saat membuat rangkaian pada awal membuat PCB.

Solder setiap komponen sesuai dengan gambar rangkaian yg dibuat pertama kali. Perhatikan nilai positif dan negatifnya. Setelah semua komponen terpasang, jadidehh rangkaian flipflopnya!

Ini berupa alat-alat yang digunakan. Ada tang potong, solder dan timah.

Seperti apa rangkaian flip-flop itu? ini diaa.....



Yaps! ini salah satu project di bengkel~

lots of laf,

Auddyne

Comments

Popular posts from this blog

PKKP 2017 (Hari Pertama dan Kedua)

Hari Pertama Sebagai PJG 8. 17 Agustus 2017! DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA!! Selamat Ulang Tahun Indonesia!! MERDEKA!

Setelah lama tidak pernah upacara lagi, akhirnya aku upacara 17an di Kampus. Jadi, agenda hari pertama di PKKP2017 ini adalah upacara 17an sekaligus pembukaan PKKP2017. Semua panitia diharuskan memakai Batik. Sedangkan Mahasiswa Baru (Maba) memakai pakaian hitam-putih. Hari ini, Panitia diharuskan datang jam setengah 6. Dan maba-nya sebelum jam 6 udah harus datang juga. Pagi banget ngga tuh? PNJ masih gelap tapi udah rame:))

Peraturan maba selama ospek antara lain:
- Selama kegiatan memakai pakaiaan Hitam-Putih.
- Datang jam 6 pagi di PNJ. Hanya boleh diantar sampai Tugu PNJ yang di depan (halte bikun)
- Rambut harus rapih dan tidak boleh panjang (cowok). Bagi yange berkerudung, memakai 
warna hitam.
- Tidak menggunakan alat komunikasi selama acara berlangsung
- Dan berbagai peraturan lainnya:)

Selain itu, Tugas PJG antara lain adalah:
- Memberikan informasi ter-UPDATE kepada…

Panitia PKKP 2017

Hallaw bloggie, Aku mau cerita mengenai pengalaman ku selama seminggu menjadi Panitia PKKP 2017. Sebelumnya, PKKP adalah Pengenalan Kehidupan Kampus Politeknik. Jadi, PKKP itu semacam ospek-nya kampus. Di PNJ, PKKP dipegang oleh direktur, sehingga untuk ikut andil dalam kegiatan tersebut melewati banyak ujian (ea).
Panitia PKKP dipilih berdasarkan 2 cara. Pertama, adalah mereka-mereka mahasiswa yang menjadi ketua dan wakil ketua di Himpunan, BO (Badan Otonom), dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Dan yang kedua adalah ‘Jalur Umum’, dimana mahasiswa yang ingin berpartisipasi harus di tes dulu. Alhamdulillah, di tahun ini aku berhasil untuk berpartisipasi di kepanitian PKKP 2017, YAY! Aku dipilih melalui ‘Jalur Umum’. HOW? PKKP 2017 dimulai pada tanggal Kamis, 17 Agustus 2017. Dan Tes Tulis untuk mahasiswa yg ingin menjadi panitia dilakukan tanggal Jumat, 11 Agustus 2017. Persyaratan untuk medaftar adalah salah satunya merupakan mahasiswi aktif dalam Himpunan/BO/UKM. Karena aku anak Poro…