Skip to main content

Referensi Lanjut Kuliah


di luar negri dari dulu sudah banyak D3, pendidikan D3 kita kan mencontoh Jerman, di Jerman ada sekolah Vokasi (FH) dan Universitas.
FH di Jerman mirip dg D4, kuliah selama 4 tahun degan gelar Diplom (FH) yg setara dg S1, sedangkan Universitas gelarnya Diplom (Univ.) yg setara S2, BJ Habibie punya gelar Dipl.Ing dari Universitas. FH ini juga ada di beberapa negara eropa dan dunia lainnya. (lihat http://en.wikipedia.org/wiki/Vocational_university)
Di beberapa negara, S1 mereka hanya 3 tahun, seperti di India, Iceland, Canada, Inggris dan New Zealand serta beberapa Univ. di Australia..jadi ada kemungkinan D3 Indonesia bisa langsung S2 atau lanjut ke Graduate diploma (G.Dip), tapi saya belum cek infonya, bisa anda googling sendiri.
di Jepang juga ada semacam politeknik (College of Technology), sekolah 5 tahun dari SMP, setelah lulus bisa lanjut ke S1 dan diterima sebagai mahasiswa tahun ke 3 (semacam alih jalur di indonesia sebelum diganti ekstensi)
Di Australia ada jurusan S2 yg bisa langsung menerima lulusan D3, tetapi dengan pengalaman kerja.
D3 bisa juga masuk ke Graduate Certificate (1 semester) atau Graduate Diploma (2 semester), kemudian lanjut ke Master.
dari D3 ke Master lama studi bisa 1.5 tahun, dg rincian ambil Master yg 1 tahun, di tambah Graduate 1 Semester.
Yang saya tahu langsung, Di Thailand, temen S2 saya dulu dari D2 terus lanjut S1 dan kemudian S2. Di Jepang kawan saya lulus dari D3 di Indonesia langsung S2 tapi sebelum selesai sudah di upgrade ke program S3 dan sudah lulus.

jadi di LN untuk lanjut bisa beda-beda, tergantung negara dan Universitasnya, ada yg masuk ke tahun ke 3 S1 (S1 di LN 4 tahun), ada yang masuk ke Graduate Diploma, ada yang langsung S2, bahkan ada yg bisa langsung S3. intinya: langsung saja kontak Universitas yang dituju, car-cari program di Universitas tsb. langsung saja buka website univ. tsb.

Sumber: salah satu website UGM

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH TUGAS PANCASILA

KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Makalah Dekrit Presiden 5 Juli 1959”. Tak lupa shalawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW beserta para keluarga, sahabat, dan pengikut – pengikutnya sampai akhir zaman. Makalah ini ditujukan untuk memenuhi nilai mata kuliah Pancasila. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematiknya. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya makalah ini.  Penulis berharap makalah ini dapat memberi manfaat bagi penulis dan bagi pembaca pada umumnya.


Jakarta, 4 Oktober 2015.

Penulis

Rangkaian Flip-flop

Satu semester sudah hampir abis. Cepet ya?
Banyak yang udah aku buat di bengkel, salah satunya adalah PCB beserta rangkaian flip-flopnya.

Apasih rangkaian flip-flop itu?
Rangkaian Flip Flop merupakan rangkaian yg memakai trigger, karenanya akan menghasilkan angka logic berupa 1 dan 0 disaat keluarnya. Keadaan ini terjadi karena pengaruh apabila keduanya ataupun salah satu dari angka tersebut dimasukkan. Kapasiatasnya sendiri adalah satu bit. Namun hal ini hanya berlaku apabila salah satu dr daya mereka masing terhubung ataupun terpasang.
sumber: Rangkaian flip flop

Tahap pertama adalah membuat PCB.

Buat rangkaian jalur PCB menggunakan software PCBwizard. contoh gambar rangkaaiannya seperti ini:

ini gambar rangkaaian flip-flopnya
ini setelah di convert untuk ngebuat jalurnya pada PCBnya nanti
Kemudian print rangakaian jalurnya menggunakan printan laser. di print pada transparent sheet. Setelah itu, siapkan papan tembaga. pindahkan jalur PCB yang telah di print ke papan tembaga dengan car…